Waspada! 5 Gejala Ini Muncul Akibat Kelebihan Makan Buah

Di antara banyak pilihan makanan bernutrisi, buah pasti selalu dalam daftar teratas. Buah-buahan dengan ragam warna dan rasa, menyediakan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun perlu diperhatikan, tetap harus ada batasan saat mengonsumsi buah-buahan. Segera hentikan konsumsinya, jika tubuh Anda memperlihatkan gejala berikut akibat kelebihan makan buah.

  • Tubuh Anda terasa begah

Jangan heran kalau konsumsi buah berlebih bisa membuat tubuh Anda malah terasa begah. Nutrisionis mengatakan bahwa buah mengandung kadar gula fruktosa yang lumayan tinggi dan tak semua orang bisa mencernanya dengan baik. Kondisi tersebut disebut fructose malabsorption, yang membuat fruktosa malah betah mengendap di usus.

  • Anda tiba-tiba mengalami diare

Konsumsi buah berlebihan juga bisa memicu terjaidnya diare atau IBS (Irritable Bowel Syndrome). Dilansir dari WebMD, tingginya kandungan serat pada buah-buahan, terutama kulitnya, membuat proses penyerapan oleh organ pencernaan tak bisa berlansung dengan lancar. Untuk menghindari terjadinya kondisi ini, salah satu solusinya adalah mengupas dulu buah yang akan Anda konsumsi.

  • Bukannya turun, berat badan Anda malah bertambah

Buah memang bagus sebagai salah satu menu diet, namun perhatikan juga kandungannya. Beberapa buah memiliki kadar karbohidrat yang tinggi sehingga jika Anda mengonsumsinya secara terus-terusan, bukannya menguruskan tapi malah menggemukkan. Pilihlah buah yang rendah kandungan karbohidrat agar tubuh Anda tak semakin besar akibat kelebihan makan buah.

  • Rasa kenyang Anda tak bertahan lama

Anda telah mengonsumsi banyak buah, namun rasa kenyang Anda tak bertahan lama. Situasi ini terjadi karena fruktosa yang dikandung oleh buah, memicu produksi hormon ghrelin atau hormon penambah nafsu makan. Jadi jangan heran, semakin banyak Anda mengonsumsi buah, Anda akan semakin merasa lapar.

  • Tubuh Anda kekurangan nutrisi lain

Buah memang bagus untuk memenuhi nutrisi tubuh, namun buah tak memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi jika Anda menyangka dengan mengonsumsi buah dalam jumlah yang sangat banyak akan menyehatkan, Anda memiliki pemikiran yang salah. Selain buah, lengkapi nutrisi Anda dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya.

Jangan sampai Anda malah jatuh sakit akibat kelebihan makan buah. Anda bisa mengonsumsi sekitar 5 porsi buah seharinya, dimana satu porsi setara dengan dengan ukuran satu buah apel atau jeruk. Variasikan buah yang Anda konsumsi, sehingga nutrisi yang didapatkan tubuh pun menjadi beragam. Selain itu, lengkapi gaya hidup sehat Anda dengan jenis makanan sehat lainnya.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *