Manfaat Membaca Buku Setiap Hari yang Sangat Menguntungkan

Buku belum akan mati sampai kapan pun. Malahan, kamu harus membaca buku setiap hari untuk berbagai alasan. Memang awalnya akan sulit untuk mulai membaca buku apalagi kamu sudah terbiasa dengan layar smartphone. Jika nantinya sudah mulai terbiasa, kamu malah akan mencari buku layaknya kamu tidak bisa hidup dengan smartphone itu.

Supaya lebih terpacu lagi, simak dulu manfaat membaca buku setiap hari. Manfaat yang bisa kamu dapat pastinya akan berguna untuk kehidupan kamu setiap hari. Percayalah.

1. Membuka jendela dunia

Dengan membaca buku, kamu layaknya berkeliling dunia lewat pikiran orang lain. Pastinya, ada satu atau banyak hal yang bisa kamu dapatkan. Pertama, ilmu pengetahuan yang banyak dan pastinya pandangan orang yang bahkan belum pernah kamu temui sebelumnya, yaitu penulisnya.

2. Mempertajam otak

Seiring berjalannya waktu, kinerja otak kamu akan semakin lemah. Hal ini yang juga buat orang yang sudah tua jadi pikun atau pelupa. Ada dua cara untuk mencegah penurunan kinerja otak manusia yang sangat mudah. Pertama, rajin memainkan alat musik. Kedua, membaca buku setiap hari. Dengan begitu, otak kamu akan selalu bekerja dengan baik.

3. Menambah kosakata

Para pemimpin dunia pasti punya buku favorit yang selalu dibaca setiap harinya. Mereka butuh asupan kata dan kalimat di dalam buku untuk digunakan dalam pertemuan penting sekaligus saat berbicara di depan banyak orang. Bukan hanya kosakata saja yang bertambah, keteraturan dalam berbicara pastinya akan terlatih dengan membaca buku. Hal itu yang buat para pemimpin dunia lebih dipercaya.

4. Meningkatkan konsentrasi

Sebenarnya, seseorang bisa melakukan satu pekerjaan dari 0 hingga 100% dalam hitungan menit. Sayangnya, mereka menghabiskan menit-menit berharga itu untuk melakukan banyak hal. Dalam waktu lima menit saja kamu bisa membuka media sosial dan memikirkan caption terbaik, lalu membuka email kerjaan dan menyelesaikannya. Jika kamu membaca buku, setidaknya kamu mengerjakan satu pekerjaan hingga selesai sebelum beralih ke yang lain.

5. Melatih diri untuk menulis

Menulis tanpa membaca pasti akan jadi omong kosong. Di samping itu, membaca tanpa menulis sama seperti menimbun lemak di dalam tubuh. Orang yang rajin membaca buku pasti terdorong untuk menulis sesuatu yang besar pula.

6. Bisa berpikir analitis

Dalam keadaan tertekan, biasanya pikiran orang lebih kacau. Seharusnya, orang bisa lebih tenang dan memikirka solusi dari masalah yang dihadapinya. Caranya? Rajin-rajinlah membaca buku karena kamu akan bisa berpikir dengan menganalisis terlebih dahulu sebelum bertindak.

7. Hiburan diri sendiri

Setiap hari, kamu melakukan berbagai kegiatan yang sedikit banyak bisa menimbulkan stres. Salah satu cara terbaik untuk menghilangkannya adalah membaca buku setelah semua berakhir. Luangkan waktu 30 menit sebelum kamu tidur untuk membuka halaman demi halaman buku favorit kamu. Dijamin, kamu akan lebih siap untuk menghadapi hari esok.

Nah, sekarang kamu bisa mencari referensi buku bacaan di internet sebelum akhirnya pergi ke toko buku dan membelinya. Buat kamu yang masih pakai provider Speedy di rumah, kamu bisa bayar speedy dari Traveloka, loh. Dengan begitu, kamu bisa mencari referensi buku bacaan lain untuk mendapatkan manfaatnya.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *