Jangan Ketipu, Kenali 5 Ciri Minyak Zaitun Asli Sebelum Beli

Minyun sudah lama dikenal sebagai minyak yang bagus untuk kesehatan. Minyak yang dihasilkan dari pemrosesan ak zaitlemak buah zaitun ini, kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal sehingga membuatnya aman dikonsumsi. Untuk menghindari pembelian produk minyak zaitun palsu, kenali dulu 5 ciri minyak zaitun asli sebelum Anda membelinya.

  • Minyak zaitun asli memiliki bau yang khas

Dilansir dari Mindbodygreen, salah satu hal yang bisa Anda jadikan patokan untuk mengetahui keaslian minyak zaitun adalah baunya. Minyak zaitun asli memiliki bau yang hampir mirip dengan bau rumput, buah serta sayuran segar. Jika minyak zaitun yang Anda beli memiliki aroma apak, menyengat atau tidak berbau sama sekali, itu adalah minyak zaitun palsu.  

  • Cita rasa khas dari minyak zaitun

Seperti baunya, minyak zaitun juga memiliki cita rasa yang khas. Tuangkan minyak zaitun pada sebuah wadah kecil dan aduk. Jangan langsung telan minyak zaitun, biarkan dulu sejenak di dalam mulut agar aromanya menguar. Rasa minyak zaitun asli mirip dengan buah dan sayur, serta saat ditelan meninggalkan rasa pedas atau pahit di tenggorokan.

  • Batuk kecil saat mengonsumsi minyak zaitun

Ciri minyak zaitun asli selanjutnya adalah kandungan polifenolnya yang cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan Anda mengalami batuk-batuk kecil saat mengonsumsinya. Jika tak muncul reaksi tersebut ataupun rasa gatal pada kerongkongan, maka bisa dipastikan minyak zaitun tersebut tak 100% murni hingga palsu.

  • Amati perubahan minyak zaitun saat disimpan dalam kulkas

Minyak zaitun merupakan minyak dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi. Asam lemak tak jenuh tunggal akan mengental saat disimpan dalam suhu dingin. Sekarang, cobakan sendiri di rumah Anda. Simpan minyak zaitun yang baru saja Anda beli di dalam kulkas. Lihat perubahan teksturnya, apakah mengalami perubahan menjadi lebih mengental atau tidak.  

  • Perhatikan kemasan serta label dari minyak zaitun

Untuk menjaga kandungan minyak zaitun, terutama dari sinar UV, minyak zaitun biasanya dikemas dalam botol kaca yang memiliki warna gelap. Jika minyak zaitun dikemas dalam botol plastik, Anda langsung saja putuskan untuk tak membelinya. Selain itu belilah minyak zaitun yang masa berlakunya kurang dari dua tahun masa pengemasannya. Minyak zaitun sangat bagus efeknya bagi kesehatan Anda. Namun, kalau Anda membeli minyak zaitun yang tidak murni bahkan palsu, Anda tak akan bisa menikmati khasiatnya tersebut. Kenali dulu ciri minyak zaitun asli, agar Anda tak salah dalam membeli. Selain merugi, minyak zaitun palsu juga bisa memicu masalah pada kesehatan Anda.  

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *