Gak Perlu Mahal, Terapkan Cara Melakukan Yoga di Rumah

Yoga merupakan aktivitas yang sedang banyak digandrungi orang karena manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan juga mental. Sayangnya, tak semua orang bisa mengikuti kelas yoga karena beberapa alasan seperti keterbatasan waktu hingga uang. Jika Anda termasuk orang yang yang memiliki alasan di atas, terapkan saja cara melakukan yoga di rumah berikut ini.

  • Jadikan video yoga sebagai instruktur utama Anda

Anda merasa tak punya waktu luang ataupun biaya lebih untuk mengikuti kelas yoga? Jangan sedih, Anda tetap bisa melakukan latihan yoga di rumah dengan bantuan video yoga. Untuk praktisnya, Anda bisa mengunduh video yoga di internet. Ada begitu banyak video yoga yang bisa Anda pilih, mulai dari yoga untuk pemula, hingga yoga untuk tujuan khusus seperti meditasi.

  • Kumpulkan sebanyak mungkin informasi terkait gerakan yoga

Cara melakukan yoga di rumah selanjutnya adalah dengan memperbanyak referensi terkait latihan yoga. Terdapat banyak situs yang menyediakan informasi terkait gerakan-gerakan yoga. Pilihlah situs yang diampu sendiri oleh instruktur yoga profesional, sehingga gerakan yang Anda lakukan pun tak abal-abal.

Perlu Anda ingat, yoga memiliki beberapa aliran yang mempunyai ciri khas gerakannya sendiri. Jangan lupa untuk menyesuaikan tujuan Anda untuk melakukan yoga, dengan gerakan aliran yoga yang akan Anda lakukan. Dengan melakukan hal ini, latihan yoga yang akan Anda mulai di rumah akan bisa mendatangkan hasil yang Anda inginkan.

  • Sediakan fasilitas penunjang latihan yoga

Walaupun Anda melakukan yoga di rumah, jangan lupa untuk menyediakan fasilitas untuk melakukan latihan yoga. Paling tidak, peralatan utama yang perlu Anda sediakan adalah matras yoga. Matras ini akan memberikan kenyamanan saat Anda melakukan gerakan yoga. Seiring lebih rumitnya gerakan Anda, Anda pun bisa melengkapi peralatan yoga untuk Anda gunakan.

  • Disiplin waktu dalam latihan yoga

Hal penting selanjutnya saat Anda ingin melakukan yoga di rumah adalah disiplin waktu. Yoga tentu hanya akan mendatangkan manfaat jika Anda melakukannya secara rutin. Dilansir dari Yoga Journal, Anda yang baru mulai melakukan yoga sebaiknya rutin berlatih selama dua atau tiga kali dalam seminggu. Luangkan waktu Anda sekitar 1 jam untuk melakukan gerakan yoga.

Yoga selain meningkatkan kualitas kesehatan tubuh, juga akan membuat Anda menjadi lebih rileks. Lakukan latihan yoga secara rutin, agar Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari latihannya tersebut. Jika Anda tak bisa mengikuti kelas yoga atau menyewa instruktur pribadi, carilah cara melakukan yoga di rumah. Anda tak hanya lebih sehat, namun juga akan lebih hemat.  

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *