Deteksi 5 Gejala Penyakit Mental Bipolar Sebelum Terlambat

Penyakit mental bipolar merupakan penyakit mental yang ditandai dengan perubahan mood dengan begitu cepat. Dilansir dari Healthline, penderita penyakit mental ini bisa tiba-tiba saja menjadi begitu bersemangat dan histeris tanpa ada penyebab. Penyakit mental ini harus segera ditangani dan itu bisa dilakukan dengan mengenali gejala pada penderitanya terlebih dahulu.

  • Menunjukkan euforia dan semangat yang teramat sangat

Penyakit mental ini biasanya mulai menyerang saat seseorang berusia 25 tahun. Salah satu ciri utamanya adalah emosi dari si penderita yang sangat menggebu-gebu dan terlalu bersemangat. Jika ada orang sekitar Anda yang biasanya kalem tiba-tiba menjadi begitu bersemangat tanpa sebab, bisa jadi itu merupakan gejala bipolar.

  • Tiba-tiba saja menjadi banyak bicara

Dilansir dari Mayo Clinic, salah satu gejala dari penyakit mental bipolar adalah penderitanya menjadi lebih banyak bicara dibandingkan dengan kebiasaannya sebelumnya. Perubahan ini tentu sangat kentara jika orang yang Anda kenal tersebut biasanya lebih banyak diam dan mendengarkan. Kebiasaannya ini biasanya bertahan hingga beberapa hari, bahkan beberapa minggu.

  • Sulit untuk fokus

Penderita bipolar akan merasa sulit untuk memfokuskan dirinya pada satu hal saja. Mereka mudah terdistraksi pada hal lain, sehingga hal yang sedang mereka kerjakan menjadi terbengkalai. Inilah yang menyebabkan kenapa banyak penderita bipolar yang mengalami kesulitan dalam menjalani masa pendidikan atau berada dalam dunia kerja.

  • Rasa sedih yang mendalam

Tingkat tertinggi dalam penyakit bipolar adalah depresi. Salah satu ciri yang tampak saat sudah mencapai tahap ini adalah penderitanya mudah larut dalam kesedihan. Kesedihan yang mendalam membuat mereka enggan untuk memperhatikan diri sendiri dan bahkan kehilangan keinginan untuk tetap hidup. Itulah alasan kenapa penderita bipolar rentan melakukan bunuh diri.  

  • Merasa dirinya tidak dibutuhkan

Dilansir dari WebMD, penderita bipolar seringkali merasa bahwa diri mereka sama sekali tak dibutuhkan oleh orang sekitar. Perasaan ini terutama sekali dirasakan pada tahap depresi. Perasaan tak diinginkan menimbulkan rasa sepi pada diri mereka. Inilah yang membuat mereka kemudian kehilangan percaya diri dan tak bersemangat untuk menjalani aktivitas. Penyakit mental bipolar merupakan penyakit mental yang harus segera ditangani dan tak boleh dibiarkan begitu saja. Jika orang terdekat Anda atau bahkan Anda sendiri merasakan ada perubahan yang kentara pada emosi Anda, segera lakukan konsultasi dengan dokter. Semakin cepat bipolar ditangani, semakin sedikit akibat buruk yang akan ditimbulkannya.  

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *