Apa penyebab dari Mata ikan dikaki? ini dia penjelasan nya

Pernah gak sih kalian melihat / mungkin terkena yang namanya mata ikan? Mata ikan itu tumbuh sering kali di telapak kaki kita dan menyebabkan penderita nya merasakan sakit saat menapakan kaki mereka. Bentuk dari mata ikan itu sendiri seperti gumpalan yang berwarna putih didalam lapisan kulit kaki kita


Apa penyebab mata ikan?

Mata ikan paling sering berkembang di telapak kaki, telapak tangan, punggung jari kaki dan jari tangan. Hal ini terkait dengan penyebab mata ikan itu sendiri yaitu gesekan dan tekanan berulang. Ketika area kulit mengalami tekanan ataupun gesekan berulang, maka ia akan berusaha melindungi diri dengan cara menebalkan lapisannya dan memperkeras strukturnya.

Selengkapnya berikut faktor-faktor penyebab timbulnya mata ikan:

Apa pun yang menyebabkan tekanan atau gesekan pada kulit.
Tekanan dari Sepatu yang terlalu ketat atau terlalu tinggi (High-heeled).
Gesekan dari sepatu yang terlalu longgar.
Gesekan dari jahitan dibagian dalam sepatu atau kaus kaki.
Tidak memakai kaos kaki saat bersepatu.
Cara berjalan yang salah sehingga menimbulkan tekanan berlebihan pada sebagian area kaki.
Sering berjalan kaki tanpa alas, karena kulit akan menebal untuk melindungi dirinya.
Lansia, karena jaringan lemak di kulit lebih sedikit, yang berarti lebih sedikit bantalan dan risiko lebih tinggi mengembangkan kapalan dan mata ikan.

Di samping itu, orang-orang yang sering bersepeda atau menggunakan peralatan tanpa mengenakan sarung tangan juga berisiko. Berlutut atau siku yang berulang kali bersandar di atas meja dapat menyebabkan mata ikan dan kapalan.

Risiko juga meningkat bagi yang memiliki kelainan bentuk kaki seperti Bunion dan hammertoe, dimana bagian kaki ada yang menonjol sehingga mudah tertekan atau tergesek. Penjelasan selengkapnya baca disini: 15 Faktor Penyebab Mata Ikan di Kaki dan Tangan

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *