5 Manfaat yang Bisa Didapatkan Meski Hanya Berolahraga 10 Menit

Membiasakan olahraga memang berat untuk dilakukan, terlebih saat kamu sudah lama meninggalkan rutinitas berolahraga. Kalau waktu sekolah sih, setidaknya kamu selalu berolahraga sekali setiap minggu. Ya, karena sudah ada jadwalnya, mau tidak mau pasti dilakukan juga.

Nah, biasanya saat jadwal sekolah sudah tidak ada, mulai malas deh, olahraga sendiri. Meski awalnya terasa sama saja, sebenarnya kondisi tubuhmu akan menurun saat meninggalkan rutinitas olahraga. Makanya, kamu bisa mencoba aplikasi 10 minutes workout dengan download dari AppStore atau PlayStore bermodalkan paket internet murah traveloka. Tidak yakin dampaknya signifikan, tetap ada manfaat dari kebiasaan berolahraga 10 menit.

1. Lebih Baik Daripada Tidak Sama Sekali

Setiap tahun baru, kamu pasti bikin resolusi untuk olahraga lebih banyak. Rencana tinggal rencana, eksekusinya, paling hanya efektif di satu bulan pertama. Mulai dari jogging, bike to work, atau bahkan pergi ke gym atau berenang seminggu sekali. Sisanya, ya balik lagi.

Nah, kalau rutinitas olahragamu keteteran karena keterbatasan waktu, cobalah untuk melakukan rutinitas singkat dengan melakukan 10 minutes workout. Ya, dicoba dulu saja, ‘kan tinggal download aplikasi atau nonton video di YouTube buat mengikuti tutorialnya.

Meskipun rutinitas latihan singkatmu juga tidak terlalu signifikan, tapi setidaknya latihan singkat bisa dicoba berkali-kali tanpa kerugian. Dari segi waktu, kamu hanya perlu meluangkan 10 menit saja, secara finansial juga, enggak bayar.

2. Mengembalikan Semangat Beraktivitas

Memulai rutinitas latihan 10 menit ini juga bisa kamu jadikan sebagai penyemangat untuk aktivitas harian. Kalau selama ini kamu hanya melakukan rutinitas yang itu-itu saja, 10 minutes workout bisa menjadi aktivitas selingan baru.

Jadi, kamu akan lebih semangat untuk mencoba rutinitas baru yang bisa dilakukan dengan praktis di mana pun berada. Ya, setidaknya saat bangun pagi, kamu sudah termotivasi untuk bisa mencoba rutinitas baru dengan melakukan olahraga singkat.

3. Bisa Dijadikan Rutinitas yang Mudah

Kalau sudah dilakukan berkali-kali, aktivitas olahraga ini bisa menjadi rutinitas. Ya, awalnya tidak usah membuat target apa-apa, coba saja tanpa ekspektasi. Nah, kalau sudah dijalani dan terasa menyenangkan, secara tidak sadar kamu sudah punya rutinitas olahraga yang baru.

Membiasakan rutinitas latihan 10 menit setiap hari tentunya akan lebih realistis ketimbang kelas zumba atau yoga selama 1 jam. Belum lagi, meluangkan waktu 10 menit bisa kamu lakukan lebih fleksibel, baik di pagi hari, siang hari, atau malam sebelum tidur. Nah, satu hal yang memungkinkan rutinitas latihan ini lebih mudah adalah soal biaya. Kalau tidak rugi secara finansial, kamu bisa mencobanya berulang kali sampai berhasil deh.

Kalau sudah membiasakan diri untuk melakukan latihan atau olahraga selama 10 menit, jenisnya juga bisa kamu variasikan. Tidak harus lewat aplikasi, kamu bisa mengganti rutinitas latihanmu dengan 10 menit jogging, aerobik, atau yoga.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *