Skenario Manchester United Dan Chelsea Bisa Masuk Atau Terdepak Dari 4 Besar

Premier League menyisakan satu pertandingan lagi. Gelar juara sudah dipastikan menjadi milik Liverpool, tapi serunya persaingan masih sangat terasa, terutama di perebutan tempat di empat besar.

Saat ini, dua slot yang sudah dipastikan aman di zona Liga Champions menjadi milik Liverpool, sang juara, dan Manchester City yang berada di posisi kedua. Nah, dua tiket ke turnamen tertinggi Eropa kini menjadi rebutan tiga tim, yakni Manchester United, Chelsea, dan Leicester City.

Saat ini, gambaran di klasemen Premier League adalah: Manchester United peringkat ketiga, Chelsea di peringkat keempat, dan Leicester City ada di posisi kelima. Manchester United dan Chelsea sama-sama memiliki 63 poin, sementara Leicester di belakang keduanya dengan jarak hanya 1 poin saja.

Skenario Manchester United Dan Chelsea Bisa Masuk Atau Terdepak Dari 4 Besar

Persaingan ini dipastikan seru karena satu pertandingan tersisa di akhir pekan nanti mempertemukan Manchester United vs Leicester City. Pertandingan ini akan sangat menentukan masa depan kedua tim di kompetisi Eropa musim depan, termasuk juga duel antara Wolverhampton vs Chelsea di tempat lain di waktu yang sama.

Bagaimana skenario agar Manchester United, Chelsea, dan Leicester City bisa masuk atau terdepak dari empat besar di satu pertandingan tersisa ini? Simak selengkapnya yang telah dibahas situs jadwal pertandingan bola di bawah ini.

Klasemen Saat Ini

Saat ini Manchester United berada di posisi ketiga klasemen Premier League dengan raihan 63 poin. Hasil imbang melawan West Ham dan kekalahan Chelsea melawan Liverpool membuat The Red Devils menyamai poin The Blues.

Namun pasukan Ole Gunnar Solskjaer tersebut berhak di posisi ketiga, meskipun memiliki poin sama dengan Chelsea, adalah berkat aturan selisih gol yang lebih baik.

Sebagai informasi, Premier League musim ini tetap melihat selisih gol sebagai indikator utama penentu posisi klasemen apabila ada poin yang sama. Setelah selisih gol, ada jumlah gol yang dicetak, kemudian head to head (agregat gol tandang), dan terakhir apabila semua indikasi itu sama adalah dengan melakukan playoff di tempat netral.

Skenario 1

Manchester United menang lawan Leicester, Chelsea imbang lawan Wolverhampton.

Di skenario ini, Manchester United dan Chelsea akan saling diuntungkan. Kedua hasil tersebut akan membawa Setan Merah dan The Blues sama-sama melaju ke zona Liga Champions musim depan.

Dengan skenario ini, Manchester United akan berada di posisi ketiga dengan 66 poin, Chelsea di posisi keempat dengan 64 poin, dan Leicester City di posisi kelima dengan 62 poin.

Skenario 2

Manchester United kalah lawan Leicester, Wolverhampton menang di markas Chelsea.

Di skenario ini, Manchester United bakal tetap bisa finis di empat besar meskipun kalah dari Leicester. Sementara Chelsea akan terlempar dari empat besar bila kalah dari Wolves.

Dengan skenario ini, Leicester akan naik ke posisi ketiga dengan 65 poin, Manchester United ada di posisi keempat dengan 63 poin, sementara Chelsea turun ke posisi kelima dengan poin yang sama, 63 poin.

Manchester United meskipun memiliki jumlah poin yang sama dengan Chelsea lebih berhak ke zona Liga Champions karena memiliki aturan selisih gol yang lebih baik dibanding The Blues.

Skenario 3

Leicester City vs Manchester United berakhir imbang, Wolverhampton menang.

Dengan skenario seperti ini, Manchester United dan Leicester City akan sama-sama lolos ke zona liga Champions, alias berada di posisi empat besar. MU akan lolos dengan raihan 64 poin, sementara Leicester lolos dengan 63 poin.

Poin Leicester dan Chelsea memang bakal sama di dalam skenario ini. Namun Leicester berhak berada di peringkat keempat karena memiliki selisih gol yang lebih baik.

Skenario 4

Manchester United bermain imbang lawan Leicester, Chelsea menang lawan Wolves.

Dalam skenario ini, Chelsea akan naik ke peringkat ketiga dengan 66 poin. Sementara Manchester United akan turun ke posisi keempat dengan 64 poin. Sedangkan Leicester harus puas keluar dari empat besar dengan raihan 63 poin.

Skenario 5

Duel Leicester City vs Manchester United, dan Chelsea vs Wolves sama-sama berakhir imbang.

Bila dua pertandingan tersebut berakhir imbang, maka posisi ketiga tim di klasemen sementara Premier League tak akan berubah. Artinya, Manchester United akan tetap ke Liga Champions dengan menempati posisi ketiga dengan 64 poin, sementara Chelsea ke Eropa sebagai peringkat keempat klasemen dengan jumlah poin yang sama dengan MU, namun kalah selisih gol.

Sementara Leicester City harus puas hanya lolos ke Liga Europa musim depan dengan raihan 63 poin.

Skenario 6

Manchester United kalahkan Leicester, Chelsea dikalahkan Wolves

Dengan skenario ini, Manchester United dan Chelsea akan tetap lolos ke zona Liga Champions musim depan. MU tetap di peringkat ketiga dengan 66 poin, sementara Chelsea di posisi keempat dengan 63 poin.

Leicester yang kalah di skenario ini akan tetap tertahan di peringkat kelima dengan 62 poin, satu poin di belakang Chelsea. Sementara Wolves akan menyamai poin Leicester, namun kalah dalam selisih gol.

Skenario 7

Manchester United dan Chelsea sama-sama meraih kemenangan.

Di partai terakhir, skenario ini bisa membuat MU dan Chelsea sama-sama finis di empat besar. Manchester United lolos sebagai peringkat ketiga dengan 66 poin, sementara Chelsea yang kalah selisih gol tetap di peringkat keempat.

Leicester dan Wolves pun tak akan mengalami perubahan posisi bila skenario ini yang terjadi akhir pekan nanti.

Skenario 8

Manchester United kalah di markas Leicester, Chelsea vs Wolves berakhir imbang.

Di skenario ini tim yang paling tak diuntungkan adalah Manchester United. Bila skenario ini terjadi, Manchester United akan terlempar ke peringkat kelima klasemen Premier League dengan 63 poin. Sementara Chelsea (65 poin) dan Leicester (64 poin) akan lolos ke zonal Liga Champions musim depan.

Skenario 9

Manchester United kalah, Chelsea menang.

Sama seperti skenario sebelumnya, Manchester United akan menjadi pihak yang paling sedih. Bila ini terjadi, pasukan Ole Gunnar Solskjaer akan turun ke peringkat kelima dengan raihan 63 poin.

Sementara di peringkat atasnya, Chelsea akan melaju ke posisi ketiga dengan 66 poin, sementara Leicester naik ke posisi keempat dengan 65 poin.

Menarik di simak bagaimana skenario yang terjadi di akhir pekan nanti. Siapakah yang bisa menemani Liverpool dan Manchester City di Liga Champions musim depan?